Iklan

Dihadiri Bupati dan Wakil, Ketua LLDIKTI Wilayah IX Lantik Rektor dan Resmikan Universitas Cahaya Prima Bone

timurkota.com_official
Senin, Agustus 28, 2023 | 3:55 PM WIB Last Updated 2023-08-28T08:59:19Z

Bupati Bone DR HA Fahsar M Padjalangi M.Si bersama Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sultanbatara DR. Andi Lukman, M.Si serta Prof. DR. Dr. Hj A Cahaya M.Si melakukan proses pengguntingan pita (Foto: Dok. Istimewa)

TIMURKOTA.COM, BONE- Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Prima Bone kini tinggal kenangan. Kampus yang telah melahirkan ribuan lulusan telah berubah nama menjadi Universitas Cahaya Prima (UNCAPI) Bone. 

Peresmian tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Bone bersama Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sultanbatara DR. Andi Lukman, M.Si serta Prof. DR. Dr. Hj A Cahaya M.Si.

Peresmian dan pelantikan tersebut digelar di Auditorium H. Andi Azis Cahaya Prima Bone Jl. Urip Sumoharjo, Kelurahan Mattirowalie, Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Senin (28/8/2023).

Usai peresmian, Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sultanbatara DR. Andi Lukman M.Si mendapat amanah dari pihak Yayasan Cahaya Prima Bone untuk melantik Prof. DR. Dr. Hj A Cahaya M.Si. sebagai Rektor UNCAPI Priode 2023-2027. 

Usai pelantikan, Prof. DR. Dr. Hj A Cahaya M.Si langsung diberi kesempatan memberikan sambutan perdana dengan jabatan sebagai Rektor.

Ia menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak. Termasuk Pemerintah Daerah Bone yang telah banyak berkonstribusi sehingga UNCAPI mampu tetap eksis sebagai salah satu kampus swasta terbesar di Bumi Arung Palakka. 

"Penuh perjuangan, kami dapat lalui secara bersama berkat dukungan dari semua element, terkhusus Civitas Akademika UNCAPI," ungkapnya. 

Nama Cahaya Prima yang disematkan pada Universitas yang ia pimpin merupakan pemberian dari H. Andi Azis SE yang tak lain adalah suami dari Prof. DR. Dr. Hj A Cahaya M.Si.

"Saya terharu, dan saya merasa bangga, karena berhasil mengubah sekolah tinggi menjadi Universitas. Nama Cahaya Prima adalah pemberian dari almarhum suami saya," sebut Prof. DR. Dr. Hj A Cahaya M.Si. sambil meneteskan air mata. 

Rangkaian proses pelantikan Prof. DR. Dr. Hj A Cahaya M.Si. sebagai Rekrot UNCAPI Bone oleh DR. Andi Lukman, M.Si. 

Kesedihan, Prof. DR. Dr. Hj A Cahaya M.Si. kemudian ditanggapi oleh Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sultanbatara DR. Andi Lukman, M.Si. Ia mengatakan bahwa Prof. DR. Dr. Hj A Cahaya M.Si. tidak akan sendiri, banyak pihak yang berada di belakangnya.

"Termasuk saya, saya ini adalah anak angkat dari Prof. DR. Dr. Hj A Cahaya M.Si, jadi ke depan puang, kampus ini adalah milik saya," tukasnya berkelakar yang disambut meriah Civitas Akademika UNCAPI serta tamu undangan. 

Andi Lukman melanjutkan, ke depan UNCAPI tetap diharap menjadi ujung tombak dalam mengimplementasikan program kampus merdeka belajar. 

"Ini menjadi hal yang sangat penting, bagaimana bersama-sama meningkatkan mutu pendidikan melalui program-program studi baru yang telah dibuka," imbuhnya. 

Sementara itu, Ketua Apperti, Prof. Dr H Mansyur Ramly SE., M.Si mengatakan, bahwa kehadiran UNCAPI akan berdampak positif dalam melahirkan pimimpin dari Bumi Arung Palakka. 

"Bone ini merupakan daerah yang luar biasa. Melahirkan banyak tokoh-tokoh besar, dan saya yakin bahwa ke depan lulusan UNCAPI ini akan mampu berbicara banyak di kanca nasional," tukasnya. 

Prof Mansyur kemudian sedikit berkelakar terkait dengan ikon Kabupaten Bone yakni songkok recca. Menurutnya, songkok itu semua suku di Indonesia memakai.

"Bugis memakai, mandar memakai, Jawa pun juga memakai, itu bukti bahwa memang Bone selalu berada di kepala," tutupnya.

Bupati Bone, Dr. H. A. Fahsar M. Padjalangi, M.Si. mengapresiasi civitas akademika STIA Prima Bone atas perjuangannya menjadikan Sekolah Tinggi berubah Universitas Cahaya Prima (UNCAPI) Bone.

"Selamat kepada Ibu Andi Cahaya atas pelantikannya hari ini menjadi Rektor dan selamat untuk peresmian Universitas Cahaya Bone. Suatu kebanggaan dan kehormatan karena mendapat satu predikat level yang lebih tinggi menjadi universitas adalah dambaan semua perguruan tinggi," kata Bupati Bone.

Lanjut Bupati, untuk menjadikan Universitas Cahaya Prima Bone tidaklah mudah, butuh perjuangan yang luar biasa. Mulai mencari mahasiswa hingga membangun gedung Kampus.

"Kita tahu bagamaina perjuangan ibu Andi cahaya membangun kampus ini mulai dari mencari mahasiswa kemudian membangun kampus yang tadinya satu kamar berkembang dan secara terus-menerus dan akhirnya menjadi STIA Prima dan hari ini menjadi Universitas," puji Bupati.

Di hadapan tamu undangan Bupati Bone juga menyampaikan bahwa dirinya termasuk salah satu Dosen UNCAPI Bone.

"Semoga ke depan semakin eksis dan berkembang tidak kalah dengan kualitas universitas yang lain dan kehadiran Universitas Cahaya Prima dapat membantu pengembangan pendidikan di Kabupaten Bone," harapnya.

Hadir mendampingi Bupati yakni Wakil Bupati Bone Drs. H. Ambo Dalle, M.M., dan Sekretaris Daerah Bone Drs. H. Andi Islamuddin, M.H., 

Setelah melalui tahap dan proses yang cukup panjang, akhirnya berubah status menjadi Universitas Cahaya Prima Bone berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI  bernomor: 657/E/O/2023 Tanggal 9 Agustus 2023. 

Turut Hadir Forkopimda Bone maupun yang diwakili, beberapa Kepala OPD, pimpinan instansi vertikal, Kepala Cabang Dinas Wilayah III Sulsel, camat wilayah kota Bone, Anggota KPU Bone, Ketua Aperti Indonesia dan tamu undangan lainnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dihadiri Bupati dan Wakil, Ketua LLDIKTI Wilayah IX Lantik Rektor dan Resmikan Universitas Cahaya Prima Bone

Jangan lupa ikuti kami di


Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan