Iklan

Kapten Timnas Ungkap Alasan Utama Pilih Gabung PSM Makassar Musim Depan, Akui Didekati Sejumlah Klub

timurkota.com_official
Minggu, Mei 28, 2023 | 10:26 AM WIB Last Updated 2023-05-28T03:26:31Z

Wiwink-Bola, Minggu 28 Mei 04:40 WIB

Pemain PSM Makassar berebut bola musim lalu


TIMURKOTA.COM, MAKASSAR- Kapten Timnas Indonesia mengungkapkan alasan dirinya resmi bergabung dengan PSM Makassar.

Jangan Lewatkan: Bukan Kike Linares, Top Skor Liga Thailand Resmi Gabung PSM Makassar, Bernardo Beri Garansi


Jangan Lewatkan: Dikontrak Jangka Panjang, PSM Makassar Resmi Datangkan Duet Naturalisasi Shayne Pattynama yang Disiapkan Shin Tae-yong Lawan Argentina

Dirinya mengaku sempat dihubungi beberapa perwakilan klub namun ia tetap memilih melanjutkan karir bersama dengan PSM Makassar.

Manajemen PSM Makassar baru saja mengumumkan tambahan skuad untuk menghadapi Liga Indonesia musim 2023/2024. 

Kapten Timnas Indonesia yang menjadi anak kesayangan Shin Tae-yong menjadi pemain ke-14 yang sudah dipastikan menjadi bagian Pasukan Ramang musim depan.

Meski terbilang cukup muda, namun ia telah mampu meyakinkan pelatih Bernardo Tavares untuk memberikan kesempatan bermain selama beberapa musim ke depan.

Ia bahkan mampu melengserkan beberapa bek. Seperti, Ahmad Rusadi dan Agung Mannan yang tak diperpanjang kontraknya. 

Baik, Ahmad Rusadi maupun Agung Mannan keduanya telah resmi diperkenalkan di tim promosi Dewa United.

"Saya merupakan putra daerah, makanya ingin tetap bermain PSM Makassar," tukasnya.

Bersama empat orang rekannya, Sultan Zaky yang merupakan kapten Timnas U-17 secara resmi diperkenalkan sebagai rekrutan baru musim ini.

Jangan Lewatkan: Direkomendasikan Bernardo Tavares, Striker Timnas yang Pernah Menimba Ilmu di Turki Resmi Gabung PSM Makassar

Sejatinya, Zaky bukan wajah baru di PSM Makassar. Pertengahan musim lalu dirinya dipromosikan ke tim senior PSM Makassar. 

Namun, selama setengah musim sepupu dari Asnawi Mangkualam ini belum mampu mendapatkan menit bermain. Kendati demikian, dirinya tetap tampil bagik dan kerja keras selama latihan.

"Sultan Zaky yang musim lalu mempersembahkan gelar juara, tetap akan menjadi awak kapal Phinisi dalam mengarungi musim 2023/24," tulis akun tesmi PSM Makassar. 

Biodata Sultan Zaky

Biodata dan Agama Sulthan Zaky Pramana sangat menarik untuk dibahas karena performa apiknya dalam perkuat Timnas Indonesia U-16. Suguhan penampilannya sangat gemilang waktu menghadapi Filipina di Piala AFF U-16.

Dirinya mampu bermain sangat rapat sehingga membuat Andrika sebagai kiper merasa sangat aman. Berkat kemampuannya tersebut dirinya selalu masuk sebagai starter. Kehebatan dari Sulthan Zaky ternyata karena ada darah pesepak bola yang mengalir di dalam dirinya.

Diketahui juga Zaky merupakan adik sepupu dari bek kanan Timnas Indonesia yang kini merumput di K-League, Asnawi Mangkualam Bahar. Jiwa militannya sama, tak ingin ada striker yang dapat melewatinya begitu saja.

Sontak fakta tersebut menimbulkan pertanyaan terkait dirinya. Berikut informasi mengenai biodata dan agama Sulthan Zaky Pramana yang telah  dirangkum dari berbagai sumber.

Sulthan Zaky Pramana merupakan pesepak bola kelahiran Makassar pada 23 Maret 2006. Sehingga saat ini usianya menginjak 16 tahun. Diketahui dari berbagai sumber ia menganut agama Islam.

Pemain bertinggi 186 cm ini berposisi sebagai bek tengah yang selalu jadi andalan Bima Sakti dalam berbagai kompetisi. Sosoknya tampil sangat apik dengan tandemnya M. Iqbal Gwijangge yang sekaligus mengemban ban kapten.

Pemain bernomor punggung 14 adalah adik dari benteng Skuad Garuda, Asnawi Mangkualam Bahar. Hal tersebut diketahui ketika Asnawi mengunggah foto Zaky sebelum final Piala AFF U-16 2022.

Saat ini Zaky memperkuat PSM Makassar U-16. Bukan tanpa prestasi, ia pernah membantu timnya menyabet gelar juara Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U-16 2021.

Sulthan Zaky juga lahir dari kalangan pesepak bola top Indonesia. Sehingga tak heran jika tiba-tiba namanya mencuat. Ayah Zaky, Asri Razak pernah membela PSM Makassar sebagai penjaga gawang. Asri merupakan saudara dekat dari Ibu Asnawi, Hj Fatmawati Razak.

Sebelum dirinya membersamai Timnas Indonesia U-16. Dulunya Sulthan Zaky menimba ilmu di SSB Hasanuddin.

Karier pendidikan terakhirnya yaitu di SMA Sekolah Islam Athirah Makassar. Sementara sang ayah kini menjadi pelatih di sekolah sepak bola Hasanuddin

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kapten Timnas Ungkap Alasan Utama Pilih Gabung PSM Makassar Musim Depan, Akui Didekati Sejumlah Klub

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan