Iklan

Keren, Gol Tandem Pemain PSM Makassar Masuk Nominasi Terbaik Sepanjang Sejarah

timurkota.com_official
Jumat, Desember 16, 2022 | 4:44 PM WIB Last Updated 2022-12-16T09:44:49Z

Wiwink-Bola, Jumat 16 Desember 09:25 WIB

Dua Pemain PSM Makassar menjalani latihan bersama timnas


TIMURKOTA.COM, JAKARTA- Pihak AFF merilis gol terbaik sepanjang sejarah pergelaran Piala AFF. Pemegang gol terbaik yang sampai saat ini masih bertahan adalah Le Cong Vinh yang merupakan legenda sepakbola Vietnam.


Gol yang bertahan sejam 2008 lalu itu masih bertengger di posisi teratas. Namun dalam waktu dekat gol tersebut tampaknya akan segera lengser dari posisi teratas.

Ada beberapa kandidat pemain yang akan menjadi pencetak gol terbaik sepanjang sejarah. Namun para kandidat sebagian telah gugur dan saat ini pesaing terbaik tinggal pemain andalan Timnas Indonesia pada Piala AFF 2020 lalu.

Gol bersejarah diciptakan pemain Le Cong Vinh dalam pertandingan melawan Thailand pada pergelaran Piala AFF yang saat itu masih bernama Piala Tiger 2008.

Gol bersejarah itu, tercipta melalui tandukan penyerang kelahiran 10 Desember 1985 itu tercipta pada menit-menit akhir pertandingan leg kedua partai final melawan Thailand.

Pada leg sebelumnya, Vietnam memang sempat unggul 2-1 ketika bertanding melawan Thailand di Stadion Rajamangala, Bangkok, 24 Desember 2008.

Namun, saat bermain di kandang, mereka justru tertinggal cepat lewat gol Teerasil Dangda pada menit ke-21. Setelah berjuang sepanjang laga, skuad The Golden Star akhirnya berpesta jelang duel berakhir.

Pasalnya, pada menit ke-90+3, Le Cong Vinh sukses mencetak gol via tandukannya ketika menghadapi skema bola mati.

Bagi Le Cong Vinh, gol ini tentu saja terasa begitu spesial. Sebab, dengan kedudukan 1-1 pada leg kedua itu, Vietnam sukses unggul agregat 3-2 sehingga sukses meraih gelar juara Piala Tiger 2008.

Kini, Bek kiri Timnas Indonesia, Pratama Arhan selangkah lagi untuk menyingkirkan legenda Vietnam, Le Cong Vinh, dalam perebutan penghargaan gol terbaik sepanjang sejarah Piala AFF.

Pratama Arhan yang saat ini menjadi tandem pemain PSM Makassar, Yakob Sayuri pada posisi bek sayap Tminas, memang sempat mencetak gol yang luar biasa pada Piala AFF 2020. Saat itu, dia melepaskan sepakan roket yang mengoyak jala gawang Timnas Malaysia.

Gol inilah yang akhirnya terpilih menjadi salah satu nominasi AFF Championship Greatest Goal. Secara keseluruhan, AFF memilih 16 gol terbaik yang pernah tercipta di ajang dua tahunan ini.

Hingga saat ini sudah ada 1711 suara yang didapatkan dari total 2042 pemilih. Adapun Le Cong Vinh baru mengumpulkan 325 suara.

Dengan kata lain, pemain yang kini merumput bersama Tokyo Verdy itu sudah mendulang 84,08% dari keseluruhan suara, berbanding 15,92% milik Le Cong Vinh.

Sampai saat ini, proses pemungutan suara masih terus berlangsung. AFF rencananya akan menutup jejak pendapat ini pada Minggu (18/12/2022).

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Keren, Gol Tandem Pemain PSM Makassar Masuk Nominasi Terbaik Sepanjang Sejarah

Jangan lupa ikuti kami di

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan