timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

Perjudian Strategi Bernardo Tavares, PSM Kemungkinan Cadangkan Duo Sayuri dan Turunkan Satu Pemain Asing

Baca Juga

Wiwink-Bola, Kamis 15 September 2022 06:17 WIB

Bernardo Tavares


TIMURKOTA.COM, MAKASSAR- Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares dikenal sebagai salah satu pelatih yang kerap melakukan perubahan secara signifikan dalam komposisi pemain yang diturunkan dalam sebuah pertandingan.


Keputusan-keputusan tersebut kerap disebut sebagai perjudian yang berujung manis. Bernardo kerap kali mengganti pemain yang selama ini dipercaya tampil starter.

Sebut saja ketika, PSM Makassar melawan Arema FC. Tiba-tiba ia tak memasukkan Wiljan Pluim dalam daftar pemain. 

Pemain asing asal Belanda itu malah diminta untuk duduk di tribun menyaksikan rekannya bertanding.

Belakangan diketahui, Wiljan Pluim tidak mengalami cedera bahkan ia dalam kondisi siap tempur. Bernardo beralasan Pluim butuh istirahat untuk menghadapi Kuala Lumpur di Final AFC Zona ASEAN.

Keputusan lain adalah secara tiba-tiba mengganti posisi Kenzo Namu dengan pemain akademi, Anada Raehan Alif. 

Dibeberapa pertandingan Bernardo memilih menurunkan Ananda bersama dengan Pluim dan Arfan. Sementara Kenzo dan Rasyid Bakri dicadangkan.

Saat ini duo Sayuri yakni Yakob dan Yance tengah jadi pusat perhatian setelah penampilan cemerlan mereka. Namu diam-diam Bernardo juga telah menyiapkan pengganti jika keduanya tak dapat dimainkan.

Pemain disiapkan adalah Erwin Gutawan dan Risky Eka Pratama. Erwin akan mengisi posisi Yance sementara Risky Eka bakal bermain di sayap menempati posisi Yakob. Sedangkan sayap kanan akan jadi milik Dzaki.

Bahkan dalam keadaan tim normal. Semua pemain siap dimainkan. Pelatih Berusia 42 tahun itu masih bisa mencadangkan Pluim, Everton dan Kenzo Nambu. 

Alasannya, tiga pemain ini telah memiliki pengganti yang hampir sepadan. Hanya satu pemain asing PSM Makassar yang sangat sulit tergantikan perannya yakni Yuran Fernandes.

Ini terbukti saat Yuran Absen, PSM Makassar harus mengakui kekalahan telak atas Kuala Lumpur City.

Menanggapi julukan kerap melakukan perjudian. Bernardo Tavares menanggapi dengan santai. Ia menyebut dirinyalah dan tim pelatih lebih tahu mana pemain siap diturunkan.

"Saya tidak melihat usia pemain. Meski dia berusia 18 atau 35 tahun. Itu tak masalah. Karena kami menurunkan pemain setelah dinyatakan siap," ungkapnya.

Selain itu, di tangan tinggin Bernardo, tak ada istilah pemain spesial semua sama. Karena menurutnya, tim itu bukan hanya satu atau dua orang saja, melainkan semua elemen tim.

"Pemain yang absen tentu ada pengganti. Beginilah resiko ketika mengikuti kompetisi dengan jadwal yang cukup padat," tukas dia.

PSM Makassar sendiri akan berhadapan dengan tuan rumah Dewa United pada Kamis 15 September 2022 Pukul 19.15 Wita. Dalam laga ini PSM Makassar dipastikan akan kembali menurunkan pemain-pemain mudanya.

Posting Komentar

0 Komentar

Berita Populer

close