timurkota.com

timurkota.com

Tim Redaksi

10 Fakta Perekrutan Pemain Baru PSM jelang AFC. Utamakan Kualitas Bukan Nama Besar

Wiwink-Bola, Jumat 27 Mei 2022 06: 18 WIB




TIMURKOTA.COM, MAKASSAR- Pasukan Ramang julukan PSM Makassar telah memenuhi kuota pemain hampir 98 persen guna mengarungi kompetisi musim 2022. 


CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin mengatakan, perekrutan pemain merupakan hasil koordinasi dengan pelatih kepala.

"Untuk pemain memang kami serahkan kepada pelatih. Kita ingin sebuah tim dimana pemain yang ada sesuai dengan formasi dan kebutuhan pelatih," ungkap menantu Aksa Mahmud ini.

Sementara, Pelatih Kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares membeberkan, pihaknya telah dua pekan menggelar latihan.

"Perkembangan mulai terlihat, khusus untuk fisik pemain. Sekarang latihan terus ditingkatka," imbuh dia.

Berikut 10 Fakta Perekrutan Pemain Baru PSM Makassar:


1. Manajemen PSM Makassar memilih mendatangkan pemain lokal yang belum punya nama se popular dengan pemain timnas. Namun dari segi kualitas para pemain tersebut dianggap se level dengan pemain timnas Indonesia.

2. Mayoritas pemain yang didatangkan berusia 30 tahun ke bawah. Khusus untuk pemain lokal, Bernardo Tavares mengingikan pemain pekerja keras di lapangan.

3. Datangkan eks pemain timnas kelompok umur di bawah 19 tahun. Pada era Evan Dimas, Maldini Pali dan lain-lain. Ada dua nama juga sering tampil yakni, Mahdi Albar dan Samuel Simanjuntak. Kedua pemain ini harus diakui kalah popular dengan Evan Dimas. Namun dari segi kualitas di lapangan manajemen PSM Makassar punya pandangan lain. Keduanya dianggap mampu mengangkat prestasi tim.

4. Perketat Proses Seleksi Pemain Lokal. Perekrutan pemain dengan sistem trial atau seleksi digencarkan manajemen. Pemain yang dianggap tak masuk dalam formasi permainan pelatih langsung terdepak. Bahkan putra daerah pun tetap tersingkir jika dianggap tak sesuai. Salah satunya, Aji Kurniawan. Ia sudah beberapa tahun berkostum PSM namun tetap saja dianggap tak masuk dalam formasi permainan Bernardo Tavares. 

5. Pemain Liga 2 Naik Kelas, Sejumlah pemain yang bersinar bersama timnya di Liga 2 dilirik manajemen PSM Makassar. Ada mantan kapten tim Persiba Balikpapan, Bryan Cesar. Kemudian beberapa nama lain yang sebelumnya jarang mendapat menit bermain di klub lamanya. Namun, pelatih PSM Makassar melihat pemain tersebut punya potensi.

6. Pemain asing paling setia, jika Rasyid Bakri dan M Arfan mengabaikan tawaran menggiurkan dari tim lain masih dianggap hal wajar. Toh keduanya adalah putra Makassar. Beda soal dengan Wiljan Pluim, ia merupakan pemain berkebangsaan Belanda. Ia ditawari kontrak berkali lipat dari tim Persib Bandung dan RANS Cilegon United. Nyatanya sang kapten tetap setia bersama Pasukan Ramang.

7. Pilih pemain asing berposisi winger ketimbang gelandang bertahan. Di era pelatih sebelumnya, PSM Makassar selalu menggunakan pemain asing berposisi sebagai gelandang bertahan. Masa, Rober Rene Albert ada Mark Klok, ketika, Milo melatih PSM Makassar ada Bektur Talgat. Di era Bernardo Tavares gelandang lokal seperti Rasyid Bakri, M Arfan akan menjadi tumpuan karena pemain asing berposisi gelandang yang didatangkan adalah winger.

8. Menanti duet Brasil-Jepang, Everton Nascimento adalah striker asal Brasil yang didatangkan dari Liga Bahrain. Nascimento bahkan telah beberapa hari mengikuti latihan bersama Pasukan Ramang. Ia menunggu duetnya dengan pemain Jepang, Kenzo Nambu. Menurut info dari tim PSM Makassar, Kenzo yang sebelumnya bermain di Liga 2 Thailand selangkah lagi bergabung dalam latihan bersama PSM Makassar.

9. Datangkan Bek Tangguh dari Afrika, Lini belakang PSM Makassar akan makin kokoh dengan kedatangan, Yuran Lopes. Pemain yang musim lalu memperkuat tim Liga Portugal akan diduetkan dengan Erwin Gutawa, Ganjar Mukti, hingga Abd Rahman Sulaeman untuk mengawal lini belakang Pasukan Ramang.

10. Uji Coba Dengan Dua Tim di Pulau Jawa. PSM Makassar direncanakan akan menguji kekuatan dalam partai uji coba melawan PSIS Semarang Sabtu 28 Mei 2022 besok. Selanjutnya, Persita Tangerang juga akan menjajal kekuatan Pasukan Ramang.

Posting Komentar

0 Komentar

Berita Populer

close